Mengenal Jasa Keamanan Satpam Lebih Dekat yang dibahas Secara Lengkap

Jasa Keamanan Satpam kini mulai populer di masyarakat karena banyak digunakan jasanya untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar maupun tempat-tempat tertentu. 

Dengan adanya satpam maka keamanan lingkungan akan terjaga lebih baik dari sebelumnya. Informasi selengkapnya tentang satpam bisa Anda simak melalui artikel yang terdapat di bawah ini!

Definisi Satpam

Satuan Pengamanan ini sering kali disebut dengan istilah satpam bagi masyarakat Indonesia. Lantas, apa definisi dari satpam itu sendiri?


Satpam dapat didefinisikan sebagai profesi yang tugasnya menjaga keamanan di area lingkungan kerja dan dibentuk berdasarkan sistem perekrutan dari pengguna jasa satpam maupun badan usaha jasa pengamanan. 

Saat ini satpam telah mendapatkan pengukuhan secara resmi dari lembaga Kepolisian Republik Indonesia. Perlu Anda ketahui jika satpam pertama kali dibentuk pada tahun 1980 tepatnya tanggal 30 Desember. 

Latar belakang dibentuknya satpam ini adalah untuk membantu meringankan tugas aparat kepolisian. Hal ini karena polisi pada waktu itu jumlahnya sangat terbatas sekali, sehingga tidak memungkinkan untuk merangkap tugas menjaga perkantoran dan wilayah pertokoan.

Namun, saat ini berkembang juga istilah lain dari satpam yaitu security. Adapun bapak satpam Indonesia yaitu bernama Awaloedin Djamin. 

Tugas Utama Satpam

Tugas pokok dari seorang satpam yaitu menjaga dan menyelenggarakan ketertiban serta keamanan pada lingkungan kerja. Dimana aspek keamanan tersebut meliputi personel, fisik, informasi, dan pengamanan teknis yang lainnya. 

Dalam aspek tugas dan tanggung jawab satpam dalam menyelenggarakan keamanan terdapat beberapa poin penting. Poin pertama yaitu mengusahakan dan mengurus sesuatu seperti merawat atau memelihara. 

Poin kedua yaitu menyampaikan maupun menunaikan tugas dan kewajiban. Poin ketiga yaitu memperhatikan dan mengurus usaha, perkara, dan kepentingan. 

Poin keempat yaitu mengurus, mengatur, serta mengadakan pameran, pertunjukan, pesta, dan yang lainnya. Poin kelima yaitu melaksanakan maupun melakukan rencana, peraturan, dan perintah. 

Selanjutnya, berkaitan dengan tugas pengamanan fisik ini meliputi menjaga ketertiban lingkungan suatu instansi, kegiatan pengaturan, dan perondaan. Satpam bisa mengamankan beberapa objek penting yang berhubungan dengan pengamanan secara fisik. 

Mulai dari informasi yang berupa proses produksi, data-data perusahaan, kekuatan pengaman, keberadaan staf, nomor telepon pribadi staf, dan lain-lain. 

Lalu, objek aset antara lain gedung, harta benda, benda-benda yang bergerak, benda-benda yang tidak bergerak, dan lain sebagainya. 

Kemudian, objek personel seperti nasabah, supplier, konsumen, tamu, rekan, pengunjung, manajemen, klien, atasan, dan lain-lain.

Apa Fungsi Utama Satpam?

Fungsi utama dari profesi satpam adalah untuk menegakkan tata tertib dan peraturan yang berlaku pada lingkungan kerja dengan baik. Selain itu, fungsi satpam adalah untuk mengayomi lingkungan tempat kerja dan juga melindunginya dari gangguan keamanan. 

Satpam juga mempunyai fungsi dan peran turun sebagai pelaksanaan turjawali, pemeriksaan ranmor, pengamanan barang bukti, pembuatan laporan, dan geledah badan. 

Peran lainnya yaitu sebagai penegakan tata tertib, pemeriksaan atau melakukan interogasi awal, pengamanan TKP, penangkapan tersangka tangkap tangan, dan pengamanan lingkungan.

Satpam dalam menjalankan semua tugas-tugasnya harus memenuhi unsur-unsur seperti deteksi, intelijen, delay, deterensi, response, humas, pelayanan, keselamatan, dan investigasi. 

Apa Saja Prinsip Utama yang Harus dipegang Teguh Oleh Satpam?

Jasa Keamanan Satpam yang profesional dan berkualitas dengan baik pastinya mempunyai prinsip utama dan janji setia yang selalu dipegang teguh oleh profesi satpam. Prinsip yang pertama adalah 

patuh dan taat kepada pimpinan, jujur, tanggung jawab, serta memegang teguh disiplin. 

Prinsip yang kedua adalah menjunjung tinggi kehormatan satuan pengamanan dan menjaga kehormatan diri. Prinsip yang ketiga adalah selalu waspada ketika menjalankan tugas sebagai satpam yang menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan kerja.

Prinsip yang keempat adalah tidak akan menganggap remeh atas apa yang terjadi pada lingkungan kerja dan selalu bersikap open. Prinsip yang kelima adalah selalu tangguh dan selalu bersikap etis terhadap penegakan peraturan yang ada. 

Adapun janji yang selalu dipegang teguh oleh satpam antara lain menjunjung UUD 1945 dan pancasila, disiplin, taat pada pimpinan, tanggung jawab, patuh, menjunjung kehormatan satpam, menjaga persatuan dan kesatuan satpam, meningkatkan kewaspadaan, dan lain-lain.

Syarat-Syarat Penting untuk Menjadi Satpam

BUJP atau Badan Usaha Jasa Pengamanan merupakan salah satu lembaga yang akan melakukan perekrutan calon-calon satpam di Indonesia. BUJP akan menerima satpam dengan kualifikasi terbaik dengan syarat yang telah terpenuhi secara baik. 

Beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi ketika akan mendaftar sebagai satpam antara lain pastinya kewarganegaraan Indonesia, usia minimal 18 tahun, bebas dari narkoba, dan SKCK. Kemudian, telah lulus tes kesehatan dan psikotes, minimal pendidikan adalah SMU atau yang sederajat. Tinggi badan untuk wanita yaitu 160 cm minimal dan pria tinggi badan minimalnya adalah 165 cm.

Anda juga harus mempunyai KTA atau Kartu Tanda Anggota satpam dan sertifikasi satpam yang bisa diperoleh ketika mengikuti pelatihan satpam.

Jenis-Jenis Pelatihan untuk Satpam

Sebelum Anda menjalani pengukuhan sebagai satpam, terlebih dahulu akan dilakukan kegiatan pelatihan agar semakin maksimal kinerja dan performa kerjanya nanti. Tingkatan dari pelatihan satpam secara umumnya ada tiga. 

Tingkat pelatihan satpam yang pertama adalah tingkat dasar atau disebut dengan Gada Pratama. 

Pelatihan Gada Pratama yaitu pelatihan tingkatan dasar untuk seluruh anggota satpam pemula yang langsung dipimpin oleh anggota kepolisian, golongan cendekiawan, praktisi yang berpengalaman, dan instruktur yang mempunyai integritas maupun dedikasi tinggi. 

Pelatihan Gada Pratama berlangsung selama 4 minggu yang mempunyai pola 232 untuk jam pelajarannya. Materi yang diajarkan pada pelatihan Gada Pratama ini meliputi tugas pokok, etika profesi, pengetahuan narkotika, zat adiktif, dan psikotropika. 

Materi lainnya yaitu baris berbaris, penghormatan, latihan menembak, menggunakan borgol dan tongkat Polri, pelatihan interpersonal skill seperti bahan berharga serta bahan peledak.

Pada pelatihan Gada Pratama, kompetensi yang harus dimiliki oleh satpam seperti melaksanakan patroli, pengawalan, pengaturan, penjagaan, persiapan pelaksanaan tugas, menangani barang yang berbahaya, dan melakukan pengamanan di tempat kejadian perkara tersebut dengan baik.

Tingkat pelatihan yang kedua yaitu Gada Madya atau penyelia. Pelatihan Gada Madya bertujuan untuk memperoleh anggota satpam dengan kemampuan menengah berkualitas terbaik. 

Kompetensi yang wajib dimiliki oleh pelatihan Gada Madya yaitu melakukan kegiatan sosialisasi prosedur pengamanan, memimpin pelaksanaan tugas, menegakkan hukum secara terbatas, dan menangani keadaan yang darurat. 

Selain itu, mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan tugas, menangani kerawanan yang ada di tempat kerja, dan melakukan tindakan pertama pada saat terjadi perkara di tempat kerja. Pelatihan Gada Madya ini berlangsung selama 2 minggu dimana pola jam pelajarannya yaitu 160. 

Tingkat pelatihan yang ketiga adalah manajer keamanan atau Gada Utama yang mempunyai pola jam pelajaran 100. Gada Utama merupakan pelatihan Jasa Keamanan Satpam yang terakhir sebelum proses pengukuhan berlangsung. 

Fungsi dari pelatihan Gada Utama ini adalah agar mempunyai kemampuan menganalisis kegiatan atau tugas, mampu memecahkan permasalahan dengan baik, bertanggung jawab yang tinggi, dan mengelola sumber daya secara optimal.

Kompetensi yang wajib dimiliki oleh pelatihan satpam Gada Utama ini antara lain mampu mendesain simulasi pengamanan, mampu menangani konflik yang ada di lingkungan kerja, dan mampu menyusun rencana pengamanan.

Berikutnya adalah mampu menyusun standar operasional prosedur, mampu menentukan tingkat kerawanan area kerja, menentukan tingkat risiko keamanan area kerja, dan melaksanakan manajemen tanggap darurat. 

Jika Anda membutuhkan jasa satpam untuk melakukan pengamanan, pengawasan, dan pengawalan di lingkungan kerja maka jangan ragu untuk menghubungi kami PT Bima Indo Garda. 

Karena, kami PT Bima Indo Garda menyediakan jasa satpam dengan kualitas unggul dan terbaik yang sudah terjamin dengan legalitas perusahaan. 

Informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan dengan cara mengunjungi kantor resmi kami atau via WhatsApp di bagian bawah web ini.