Outsourcing Security Terbaik Menguntungkan, Inilah Keunggulannya

Bagi Anda yang akan masuk dunia kerja, Anda mungkin kerap menjumpai yang namanya outsourcing. Secara umum, outsourcing mengacu ke suatu sistem pekerjaan. Sekarang ini juga, outsourcing banyak dipakai oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Lalu sebenarnya, apa yang dimaksud dengan outsourcing? Kemudian, apa saja keuntungan menggunakan outsourcing security terbaik? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Outsourcing?

Outsourcing merupakan praktik perekrutan tenaga kerja dari pihak ketiga (pihak luar perusahaan) untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Biasanya sistem kerja ini dilakukan oleh perusahaan untuk meminimalkan biaya operasional.


Pekerjaan yang dilakukan tenaga outsourcing tak bersinggungan secara langsung dengan proses bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, pekerjaannya bisa dialihkan ke pihak luar. Pekerjaan dilakukan tenaga outsourcing cukup bervariasi, salah satunya adalah outsourcing security atau satpam. 

Berdasarkan sistem kerja di atas, bisa dikatakan jika karyawan outsourcing tak menjadi bagian perusahaan pengguna. Oleh sebab itu, perusahaan pengguna tak wajib memberikan tunjangan ke karyawan outsourcing. Tunjangan akan menjadi tanggung jawab dari perusahaan penyedia tenaga outsourcing. 

Keuntungan Menggunakan Outsourcing Security Terbaik

Di era modern ini, tidak hanya perlu meng-install sejumlah perangkat keamanan berbasis teknologi, salah satunya CCTV. Anda pun perlu untuk menyewa jasa security dari orang-orang yang profesional dan dilatih khusus untuk jaga keamanan sesuai kebutuhan. 

Jika ingin dapatkan jasa security profesional serta harus mengetahui secara benar-benar apa yang perlu dilakukan dan dikerjakan oleh mereka, Anda perlu mencarinya pada perusahaan outsourcing yang khusus menyediakan jasa keamanan atau security. 

Berikut ini sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan jika memakai layanan keamanan dari perusahaan yang profesional. 

Perusahaan Bisa Menghemat Biaya

Keuntungan pertama dari menggunakan outsourcing security adalah karena perusahaan bisa lebih menghemat biaya. Bandingkan dengan perekrutan karyawan secara internal, perusahaan akan dibebankan biaya penyeleksian. Tak hanya itu, jika penyeleksian dilakukan secara internal, maka diperlukan tenaga perekrutan dari dalam. Pastinya karena ini banyak tenaga terkuras. 

Lebih dari itu, setelah tenaga keamanan atau security didapatkan dari perusahaan outsourcing, perusahaan tidak akan menghamburkan biaya banyak untuk perekrutan serta pelatihan karyawan baru karena mereka sudah dididik dan dilatih di perusahaan outsourcing. Sehingga perusahaan bisa langsung menempatkan tenaga keamanan atau security di bagian dibutuhkan.

Perusahaan Bisa Meminimalisir Risiko

Keuntungan lainnya dari menggunakan jasa outsourcing security adalah bisa meminimalkan risiko apabila terjadi hal-hal yang buruk. Biasanya risiko akan ditangani kedua perusahaan, baik itu perusahaan yang memakai jasa maupun perusahaan jasa penyedia outsourcing security. Namun, pembagian penanganan risiko dilakukan berdasarkan pada kesepakatan awal ataupun perjanjian kerjasama. Selain itu, memilih security dari layanan tenaga kerja memang akan lebih menguntungkan. Beda jika tenaga kerja ini didapatkan dari seleksi perusahaan dan juga tanpa melibatkan perusahaan outsourcing security. Jika terjadi hal-hal yang buruk, maka resiko akan dipikul sendiri oleh perusahaan. Ini akan jadi suatu hal yang tidak menguntungkan karena secara penuh risiko akan menjadi tanggung jawab dari perusahaan. Tidak hanya itu, karena risiko dipegang secara penuh oleh perusahaan, maka perusahaan itu harus selalu meminimalkan hal-hal yang memiliki risiko ketika menugaskan satpam atau security. 

Fleksibel serta Sesuai Kebutuhan

Anda tak perlu direpotkan tentang operasional keamanan. Misalnya jika seorang security atau satpam perusahaan sedang tidak bisa masuk kerja karena ada urusan keluarga, sakit, ataupun ada hal-hal mendesak lain, maka perusahaan outsourcing akan mengganti sementara satpam tersebut (melakukan backup).

Mengenai jenis layanan keamanan serta durasi kontrak kerja juga Anda dapat menentukannya sendiri sesuai keinginan. Perusahaan outsourcing security terbaik mampu untuk memberikan layanan keamanan diinginkan klien sesuai kebutuhan. 

Petugas Keamanan Handal serta Terlatih

Perusahaan outsourcing security mempunyai kriteria tertentu di dalam memilih personil yang akan dipekerjakan. Mulai dari pendidikan formal, pendidikan dasar keamanan serta ketertiban, sampai pendidikan tambahan lain. 

Mereka pun umumnya sudah dibekali kemampuan bela diri, kemampuan semi-militer, dan dilatih supaya peka membaca situasi serta pandai dalam berkomunikasi. 

Pelayanan Prima serta Terbaik

Perusahaan outsourcing security biasanya sudah mempunyai portofolio ataupun data tentang orang-orang terbaik pada bidang ini. Sehingga Anda tak perlu repot-repot mencari data serta informasi tentang orang yang akan dipekerjakan. Karena perusahaan telah melakukan seleksi yang terbaik sesuai kriteria klien. 

Manajemen Jasa Security Profesional

Biasanya perusahaan atau Anda akan pertimbangkan gaji, nota pembayaran, jaminan, sampai pajak, saat mempekerjakan seseorang. Dengan Anda memilih perusahaan penyedia jasa keamanan, Anda tak akan lagi direpotkan dengan hal-hal itu. Sebagai perusahaan outsourcing, manajemen profesional mulai dari pengelolaan karyawan, pengawasan, operasional, pembuatan laporan sampai memberikan hak sepenuhnya pada para tenaga keamanan menjadi tanggung jawab dari perusahaan outsourcing. 

Tips Memilih Perusahaan Outsourcing

Modern ini, ada banyak perusahaan yang sediakan jasa tenaga keamanan untuk berbagai kebutuhan. Nah, supaya Anda bisa mendapatkan pelayanan prima, terpercaya, berkualitas, serta profesional, Anda perlu lebih selektif di dalam memilihnya. Berikut ini merupakan tips menentukan perusahaan outsourcing security. 

Pilih Perusahaan yang Memiliki Rekam Jejak yang Bagus

Ada banyak perusahaan outsourcing security yang dapat dipilih. Namun, jika ingin dapatkan yang terbaik, Anda perlu untuk memilih satu terbaik. Selalu berikan pelayanan yang memuaskan, menawarkan fleksibilitas yang tinggi, terpercaya, dan profesional. 

Setidaknya, perusahaan itu harus memiliki izin atau legalitas yang resmi dari pemerintah. 

Pilih Perusahaan yang Menawarkan Pelatihan Keamanan

Biasanya, perusahaan yang sediakan jasa pelatihan security mengetahui cara memilih serta menentukan satpam yang terbaik. Sehingga tak heran jika mereka punya kriteria tersendiri di dalam menyediakan tenaga security. 

Dengan demikian, kemungkinan besar Anda akan dapatkan penjaga keamanan terbaik karena perusahaan sudah punya data lengkap tentang siapa saja satpam-satpam terbaik dan cocok dengan apa yang dibutuhkan. 

Baca Testimoni Pengguna Sebelumnya

Meskipun testimoni tak sepenuhnya dapat dipercaya karena sekarang banyak orang berusaha memalsukan testimoni untuk meningkatkan reputasi serta nilai jual, tapi bukan artinya Anda harus melewatkan ini. Untuk mengantisipasi supaya tak mendapatkan perusahaan jasa keamanan tak profesional, Anda pun perlu mendengarkan testimoni dari orang-orang yang sudah pernah memakai jasa perusahaan. 

Testimoni tak selalu berasal dari yang ada di website. Anda pun dapat mencari sejumlah pengalaman orang lain yang pernah memakai jasa perusahaan keamanan lewat internet dengan memasukkan kata kunci tertentu. 

Galilah Lebih Dalam Informasi Tentang Perusahaan Outsourcing yang Akan Dipilih

Selain membaca testimoni, Anda pun perlu menggali secara lebih jauh profil perusahaan penyedia jasa keamanan. Ini akan bermanfaat sekali untuk mengetahui secara pasti, sejauh mana profesionalitasnya di dalam menyediakan jasa tenaga keamanan dan apa saja yang menjadikan patokan di dalam menentukan rekrutmen. Karena dari informasi itu Anda dapat mengambil sebuah kesimpulan serta menentukan apakah perusahaan sangat layak atau tidak. 

Demikian artikel yang menarik satu ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan outsourcing security terbaik hubungi kami PT Bima Indo Garda. Kami akan selalu siap melayani Anda. Kami menyediakan jasa pengamanan dan pengawalan yang terbaik.